Vaksin Covid-19 Tersedia di Desember, Jokowi: Tak Bisa Langsung Disuntik

Vaksin Covid-19 Tersedia di Desember, Jokowi: Tak Bisa Langsung Disuntik

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih berharap bahwa vaksin covid-19 sudah tiba di tanah cairan pada akhir bulan November itu. Pihaknya masih berusaha agar vaksin itu tetap datang sesuai periode yang direncanakan.

“Tapi kalau tidak bisa bermakna masuk ke bulan Desember. Cantik dalam bentuk vaksin jadi maupun dalam bentuk nantinya bahan dasar yang nantinya diolah di Bio Farma, ” katanya saat menganjurkan keterangan pers di Puskesmas Negeri Sereal, Rabu (18/2020).

  Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Mampu Tahun Ini, Menko Luhut: Akan tetapi Ada Syaratnya

Kemudian Jokowi juga menjelaskan bahwa setelah vaksin tiba di Nusantara tidak serta merta langsung disuntikan kepada masyarakat. Dia mengatakan sedang ada tahapan yang harus dilalui. Salah satunya adalah tahapan dikeluarkannya emergency use authorization atau EUA dari Badan POM.

“Sehingga tahapan itu memerlukan waktu. Mungkin antara kurang bertambah tiga mingguan. Setelah mendapatkan persetujuan dari BPOM baru kita lakukan vaksinasi, ” ungkapnya.

  Baca juga: Perlu Vaksin Covid-19, Indonesia Siapkan Rp34, 23 Triliun

“Kaidah-kaidah scientific, kaidah-kaidah keilmuan ini juga saya sudah sampaikan wajib diikuti. Kita ingin keselamatan, keamanan masyarakat itu harus sungguh-sungguh diberikan tempat yang paling agung, ” ujarnya.