Tujuan Baku dari Luar Tanah, Industri Pengolahan Masih Terkonsentrasi di Jawa

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

JAKARTA – Adanya kesenjangan industri pengolahan di sektor makanan dan minuman yang masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Padahal, bahan baku lebih banyak tersebar di pulau-pulau lain di luar Jawa.

Hal tersebut dilontarkan Pengurus Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman (Gapmmi) Bidang Kerjasama Luar Kampung, Iwan Winardi setelah mengikuti keluhan dari berbagai pelaku usaha seperti di Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Menurut mereka, lebih dari 52 persen industri pengolahan sedang terdapat di Pulau Jawa.

  Baca juga: Covid-19 Ubah Pola Konsumsi, Pabrik Makanan Jangan Gagap Teknologi

“Teman-teman dari Sumatera mengeluhkan, tersedia bahan-bahan baik, kopi, ikan dan seterusnya, tetapi hampir 52 persen itu terkonsentrasi di Pulau Jawa. Tengah potensi lainnya baik di Sulawesi, Kalimantan, Papua itu masih di bawah 10 persen, ” katanya pada acara 500K Eksportir Pertama, Senin (19/4/2021).

Hal tersebut menjadi tantangan ke depan, bagaimana mengirimkan berbagai produk dari mulia wilayah ke wilayah yang lain.

  Baca juga: Mamang Bakso Boedjangan Balas ‘Surat Cinta’ Burger King, Begini Isinya

“Jadi infrastruktur untuk pengolahan FnB ini masih terkonsentrasi di Pulau Jawa. Ini dengan menjadi tantangan men-sharing-kan objek baku yang tumbuh dalam semua area di seluruh pulau termasuk mendistribusikannya, ” ujar dia.