Tersebut 5 Transformasi Bisnis akibat Pandemi Covid-19

Tersebut 5 Transformasi Bisnis akibat Pandemi Covid-19

JAKARTA – Pengusaha nasional Sandiaga Salahuddin Uno menyebut akan ada transformasi bisnis dan kesibukan akibat pandemi Covid-19. Hal itu terjadi karena pandemi telah mengubah dari berbagai aspek kehidupan.

Menurut Sandi, pertama adalah pekerjaan akan fokus pada buatan bukan lagi kepada kontrol kepada proses. Ini memang menjadi sangat-sangat berbeda dengan apa yang dikerjakan pada saat dulu karena dulu berfokus pada proses dan proses mengakibatkan hasil.

“Sekarang terbalik, hasil dan kita biarkan pandemi ini menentukan cara beradaptasi, ” ujar Sandi di dalam diskusi virtual, Sabtu (5/9/2020).

Baca Juga:   Cerita Sandiaga Uno Kena PHK hingga Jadi Orang Terkaya 

Kedua adalah standar kesehatan dan keamanan. Menurutnya, dengan adanya pandemi Covid-19 mau tidak mau pribadi harus memikirkan dua hal tersebut dalam melakukan apa pun.

“Kalau tidak selamat, tidak sehat, kita akan menghindari semua kegiatan. Sekarang pokoknya kita dahulukan kesehatan kita, ” sirih dia.

Ketiga , menurut Sandi adalah tranformasi digital. Dia menyebut karakter usaha mikro kecil menengah (UMKM) perlu melakukan hal tersebut supaya bisa bertahan.