Tak Lagi Rumit, Izin Usaha Mikro hingga PT Dipermudah

Tak Lagi Rumit, Izin Usaha Mikro hingga PT Dipermudah

JAKARTA awut-awutan Presiden Joko Widodo (Jokowi) membicarakan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja (Ciptaker) meremehkan masyarakat dalam berusaha. Utamanya sektor Usaha Mikro dan Kecil.

Pasalnya regulasi dan prosedur yang rumit telah dipangkas pada UU ini

“Dengan Undang-Undang Membangun Kerja akan memudahkan masyarakat, khususnya usaha mikro dan kecil untuk membuka usaha baru. Regulasi yang tumpang tindih dan prosedur yang rumit dipangkas, ” ungkapnya zaman di Istana Bogor, Jumat (9/10/2020).

Baca Juga:   Jokowi: Izin Kapal Nelayan Cukup ke KKP Saja

Dia menyebut bahwa untuk perizinan usaha mikro & kecil sudah tidak diperlukan lagi. “Perizinan usaha untuk usaha mikro kecil, UMK, tidak diperlukan lagi. Hanya pendaftaran saja. sangat simpel, ” ungkapnya.

Berarakan untuk pembentukan perseroan terbatas (PT) juga dipermudah. Di mana teristimewa tidak ada lagi pembatasan simpanan minimum.

Mengucapkan Juga:   Penjelasan Lengkap Jokowi soal Amdal dan Bank Desa di UU Ciptaker

“Pembentukan koperasi juga dipermudah. Jumlahnya hanya 9 orang saja koperasi sudah bisa dibentuk. Kita harapkan akan semakin banyak koperasi-koperasi di tanah air, ” ungkapnya.

Bahkan untuk daya mikro di sektor makanan dan minuman, pemerintah akan menggratiskan sertifikasi halal.

“UMK, usaha mikro kecil yang bergerak dalam sektor makanan dan minuman, sertifikasi halalnya dibiayai pemerintah. Artinya gratis, ” tuturnya.

(fbn)