Sandiaga Uno: Pandemi Jadi Kesempatan Pariwisata Halal Indonesia Mengatur

sandiaga-uno-pandemi-jadi-kesempatan-pariwisata-halal-indonesia-berbenah-1

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

JAKARTA – Anjangsana wisatawan muslim di Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya. Sejak pemerintah mengembangkan sektor pariwisata halal atau santun muslim pada tahun 2016, di tahun 2019 sekitar 20% dari 14, 92 juta turis asing dengan datang ke Indonesia ialah wisatawan muslim.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, di status pandemi seperti saat tersebut adalah masa yang menyesatkan sulit bagi masyarakat dengan bergerak di sektor turisme dan ekonomi kreatif.

Membaca Juga:   Aksi Terorisme, Sandiaga: Sektor Parekraf Sangat Bergantung pada Keamanan

“Dalam era pandemi Covid-19 ini daripada total 34 juta kelompok yang menggantungkan dirinya dalam sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kita melihat kalau restriksi perjalanan di seluruh negara mengakibatkan jumlah wisatawan mancanegara drop hampir 75%. Dari 16, 1 juta menjadi hanya 4 juta di tahun 2020, ” ungkapnya dalam acara IDX Channel Sharia Fair 2021 Sesi IV, Selasa (6/4/2021).

Sandiaga membaca, wisatawan muslim didominasi sebab Malaysia dan Singapura. Tengah itu, jumlah penurunan wisatawan muslim ini hampir bersimetris dengan jumlah penurunan wisatawan seluruh negeri.

Baca Juga:   Matangkan Persiapan Pembukaan Pariwisata Bali, Sandiaga Uno Jaring Aspirasi Seluruh Pelaku Cara Parekraf

Lanjut dia, ekosistem pariwisata halal Indonesia bisa memakai kesempatan ini untuk mengatur. Menurut Sandiaga, pandemi Covid-19 ini memberikan kesempatan buat meluruskan persepsi bahwa wisata halal adalah extension of service atau peningkatan dan perluasan layanan.