PR Mendag Lutfi Bereskan Masalah Perniagaan Indonesia

PR Mendag Lutfi Bereskan Masalah Perniagaan Indonesia

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

JAKARTA kepala Kementerian Perdagangan siap melangkah secara diangkatnya Muhammad Lutfi sebagai Gajah Perdagangan. Masih banyak agenda perniagaan Indonesia yang harus dituntaskan, kaya menjaga surplus perdagangan, peningkatan ekspor yang mempunyai nilai tambah, penambahan lokal content (TKDN) pada produk produk ekspor Indonesia hingga pengembangan daya saing produk ekspor.

Pengamat Ekonomi Indef Esther Sri Astuti mengatakan, sinergi Muhammad Lutfi-Jerry Sambuaga diharapkan menjadi pokok perbaikan kinerja perdagangan Indonesia. Jadi, keduanya wajib bekerja keras & saling melengkapi.

Baca Juga: 4 Fakta Hasil Reuni Hipmi di Kabinet Jokowi

Sebagi solusi, pertama kalau Kemendag dan Kementerian serta Lembaga lain harus punya koordinasi berpengaruh untuk mendukung sinergitas agar kecendekiaan yang ldikeluarkan dapat mendorong ekses perdagangan. Kedua, penguatan database untuk mengidentifikasi potensi pasar bagi produk produk Indonesia

Oleh karena itu, menurut Esther menetapkan dibangun kesepahaman dan peran per sejak awal.

“Hari-hari pertama ini sangat krusial di membangun komunikasi dan kesepahaman beriringan itu. Saya berharap di periode ini mereka sudah mencapai itu dan merumuskan solusi dan kondisi kerja yang tepat untuk menyelesaikannya, ” ujarnya, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu ( 26/12/2020).

 

Sementara itu, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengaku kalau siap bekerja sama dengan siapa saja yang menjadi Menteri. Taat Jerry, Muhammad Lutfi adalah praktisi keras sekaligus intelektual dalam prospek ekonomi dan perdagangan. Lutfi pula dikenal Jerry sebagai pribadi dengan terbuka dan kolaboratif.

“Selalu siap. Apalagi dengan Bungkus Lutfi yang kapasitas dan reputasinya sudah kita ketahui bersama. Kami merasa terhormat bisa bekerja sama dan mendukung beliau. ” kata pendahuluan Jerry.