Mujur Saja Vaksin Covid-19 Gratis, Kalau Bayar Begini Akibatnya

Mujur Saja Vaksin Covid-19 Gratis, Kalau Bayar Begini Akibatnya

Promo menarik pada undian Data SGP 2020 – 2021.

JAKARTA kepala Pemerintah telah memutuskan menggratiskan vaksin Covid-19 untuk seluruh masyarakat Indonesia. Sebelumnya, vaksin akan diberikan dengan dua kelompok yakni berbayar dan percuma dengan syarat tertentu.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira menyebut langkah yang diambil pemerintah bukan bukan kebijakan populis, tetapi sangat realistis. Sebab, banyak negara yang berkomitmen untuk vaksinasi gratis.

Baca Juga:   Thailand Ajak AstraZeneca Produksi 200 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Bahkan India dengan jumlah penduduknya lebih banyak lantaran Indonesia dan sama-sama negara berkembang berani untuk memberikan vaksin percuma.

“Secara kasar estimasi biaya vaksin untuk minimum 70% penduduk Indonesia adalah Rp75 triliun. Angka 70% dari total warga untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity, ” ujar Bhima saat dihubungi MNC Portal, Minggu (20/12/2020).

Baca Juga:   Tarif Rapid Antigen Paling Tinggi Rp250 Ribu

Bhima menambahkan, untuk pengadaan anggaran vaksinasi gratis bisa dilakukan dengan cara realokasi sebab belanja lain, seperti belanja infrastruktur misalnya, sebab di situasi saat ini adalah fokus untuk pengerjaan pandemi dalam jangka pendek-menengah & ini bisa dilakukan melalui tiang APBN perubahan pada awal tahun 2021.

“Idealnya vaksin itu gratis apalagi dalam konteks bencana nasional. Jika vaksin berbayar dikhawatirkan menciptakan ketimpangan, di mana kelas menengah ke atas bisa mengakses vaksin yang komersil, tengah kelas bawah menunggu bantuan vaksin pemerintah. Tentu jika vaksin komersil, akses nya jauh lebih mungkin dan prosedur tidak lama seperti vaksin pemerintah, ” kata tempat.