Memiliki Tujuan, Begini 5 Cara agar Bisnis Maju

punya-tujuan-begini-5-cara-agar-bisnis-maju-1

Dapatkan promo member baru Pengeluaran SDY 2020 – 2021.

JAKARTA Bisnis sukses pasti memiliki tujuan tertentu. Namun, dalam dunia bisnis, banyak juga pengusaha yang hanya ingin memperbanyak bisnis sebagai tujuannya.

Perusahaan dengan 50 pegawai atau kurang, bergantung dalam kemampuan pemilik bisnis untuk menetapkan dan mencapai haluan. Letakkan bisnis di rel yang tepat dengan menerapkan prinsip penetapan tujuan SMART.

SMART adalah singkatan dari 5 elemen yaitu, Specific, Measurable, Attainable, Relevant, dan Time-Based. Ini adalah langkah sederhana yang bisa digunakan buat memperbaiki ketidakjelasan tujuan di berbisnis. Berikut ulasannya, dilansir dari The Balance, Minggu (25/4/2021).

1. Specific

Sasaran yang bergaya didefinisikan dengan baik dan terfokus. Mendapatkan dua klien besar korporasi lebih berarti untuk memobilisasi bisnis daripada tujuan “memperbanyak bisnis”. Era pengusaha fokus pada haluan, tujuan itu dapat menjelma magnet yang menarik bisnis ke arah yang diinginkan. Semakin fokus energi, semakin banyak kekuatan yang mampu dihasilkan.

Baca Juga:   Daya Teh Kemasan di Kamar Ramadhan, Berikut Untung had Cara Jualnya

2. Measurable (terukur)

Sasaran tanpa hasil dengan terukur seperti kompetisi olahraga tanpa pencatat skor. Angka adalah bagian penting lantaran bisnis. Masukkan angka-angka nyata dalam tujuan untuk mengetahui apakah bisnis sudah berkecukupan di jalur yang benar. Papan sasaran yang dipasang di kantor dapat membangun sebagai pengingat harian buat menjaga pemilik dan karyawan tetap fokus pada buatan yang ditargetkan dan mau dicapai.

3. Attainable (Bisa dicapai)

Seringkali bisnis kecil menetapkan haluan di luar jangkauan. Tidak ada yang pernah membuat bisnis miliaran rupiah pada semalam. Venture capital ataupun investor tidak peduli dasar bisnis dengan tujuan yang aneh. Bermimpilah besar & bidik pencapaian-pencapaian, tetapi tetap realistis. Periksa tren bisnis untuk mengikuti pertumbuhan yang realistis dalam industri buat menetapkan tujuan.

Baca Juga:   Kunci Sukses Promosi Gaya Nabi Muhammad SAW, Menghindari Sumpah Berlebihan

4. Relevant (Relevan)

Tujuan bisnis yang sanggup dicapai didasarkan pada situasi dan realitas iklim usaha saat ini. Pemilik agak-agak ingin memiliki tahun terkemuka dalam bisnisnya atau mau meningkatkan pendapatan sebesar 50%, tetapi jika resesi ekonomi membayangi atau tiba-tiba tumbuh tiga pesaing baru dibuka di pasar, maka bahan tidak relevan dengan realitas pasar.