Ketua Satgas PEN: Kontak Fisik Tidak Ada, Ekonomi Bakal Turun Tajam

Ketua Satgas PEN: Kontak Fisik Tidak Ada, Ekonomi Bakal Turun Tajam

JAKARTA – Ketua Satgas Perbaikan Ekonomi Nasional (PEN) sekaligus Pengantara Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin menilai krisis kesehatan memang mau membuat ekonomi turun drastis. Hal ini terjadi di Indonesia dengan mana ekonomi mengalami penurunan tajam.

“Krisis kesehatan paksa kita melakukan lockdown dan menurunkan fisikal activity. Indonesia relasi fisik menjadi pilar paling penting dalam ekonomi Indonesia jadi kalau kontak fisik enggak ada kesibukan dan ekonomi bakal menurun tajam, ” ujar Budi dalam suatu diskusi virtual, Kamis (10/9/2020).

  Baca juga: Menko Airlangga Tegaskan Pusat dan Daerah Satu Tindakan Tangani Covid-19

Kata dia, pandemi COVID-19 telah mendorong perkembangan digital pada seluruh dunia. Mulai dari hidup, belajar, pertemuan, rapat hingga biaya dipaksa untuk dilakukan secara maya. Adapun, aktivitas digital itu tidak seampuh aktivitas fisik untuk menahan roda ekonomi, terlebih lagi di Indonesia.

“Mengganti kontak fisik menjadi digital tidak terlalu bisa mestimulate ekonomi sesuai kontak fisik. webinar rendah dampaknya dari fisik. ecommerce juga enggak seberdampak pasar di seluruh negeri, ” katanya.

  Baca juga: Covid-19 Belum Usai, Ekonomi Diprediksi Baru Sembuh 2022

Dia menambahkan dibutuhkan saat ini merupakan memberikan rasa aman kepada kelompok untuk kembali beraktivitas. Dengan sejenis roda ekonomi bisa berjalan kembali.

“Kepemimpinan harus dimabil oleh helath profesional, bukan ekonomic profesional ini krisis kesehatan tubuh, ” tandasnya.

(rzy)