Harga Minyak Dunia Naik Jadi USD41/Barel

Harga Minyak Dunia Naik Jadi USD41/Barel

JAKARTA – Harga minyak mentah menguat pada perdagangan kemarin. Harga minyak naik karena sentimen pasar didukung oleh serangkaian data ekonomi yang optimis.

Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman September naik 74 sen menjadi mantap pada USD41, 01 per barel di New York Mercantile Exchange, sementara patra mentah Brent untuk pengiriman Oktober naik 63 sen menjadi ditutup pada USD44, 15 per barel di London ICE Futures Exchange, dilansir dari Xinhua, Selasa (4/8/2020).

Baca Juga:   GANDAR Resesi dengan Pertumbuhan Minus 32%, Harga Minyak Anjlok

PMI Manufaktur Global JPMorgan (Purchasing Managers ‘Index) naik ke level tertinggi enam bulan dalam 50, 3 pada bulan Juli, naik dari 47, 9 dalam bulan Juni dan kembali pada atas batas netral untuk pertama kalinya sejak Januari, menurut keterangan terbaru yang diproduksi oleh JPMorgan dan IHS Markit bekerja sama dengan Institut Manajemen Pasokan serta Federasi Internasional Pembelian dan Tadbir Pasokan.

“Pertumbuhan sudah terdaftar di AS, China, zona euro, Inggris, Brasil dan Australia, antara lain, ” kata laporan itu.

Menangkap Juga:   Harga Minyak Terangkat Dipicu Amblesnya Persediaan di GANDAR

Namun, keuntungan agak terbatas karena kekhawatiran baru atas surplus pasokan membebani pasar. “Kekhawatiran tentang kelebihan pasokan sudah mendominasi karena meningkatnya pasokan daripada OPEC dan sekutunya yang tiba berlaku pada akhir pekan merupakan pertemuan dengan permintaan yang sedangkan berlangsung lemah, ” kata Analis energi di Commerzbank Research Eugen Weinberg.

Bulan lalu, Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC +, memutuskan untuk menekan kembali rekor pengurangan produksi mereka menjadi 7, 7 juta barel per hari mulai Agustus. (kmj)

(rhs)

Loading…