47% UMKM KO pada Ronde Baru Covid-19

47% UMKM KO pada Ronde Baru Covid-19

JAKARTA – Pengusaha Nasional Sandiaga Uno mengungkapkan dampak pandemi Covid-19 begitu memukul pelaku daya. Dari data yang dimilikinya, 47% Usaha Mikro, Mungil dan Menengah (UMKM) tutup setelah terkena dampak pandemi.

“Covid-19 menghantam daerah UMKM lebih dahulu, hingga KO di ronde pertama. Survey membuktikan 47% UMKM menutup usahanya serta ini nyatanya bisa jauh bertambah banyak lagi” kata Sandi di dalam diskusi secara virtual, Selasa (22/9/2020).

Baca Juga: Treatment Perbaikan UMKM Terdampak Covid-19 Beda-Beda

Dia mengaku penuh mendapatkan curahan hati (curhat) dari para pelaku UMKM selama pandemi ini. Mulai dari modal yang sulit, pesanan menurun, likuiditas invalid, kesulitan bahan baku dan nama macet meningkat.

“Padahal 99% ekonomi yang menggerakan merupakan UMKM, 97% lapangan pekerjaan diciptakan oleh UMKM, dan 60% PDB kita juga disumbang oleh UMKM, ” jelasnya.

Baca Juga:   Transformasi Digital UMKM Tak Semudah Balikkan Punggung Tangan

Untuk itu, Dia mengimbau, agar semua pihak yang terlibat, mulai daripada pemerintah, pelaku usaha dan kelompok dapat bekerja sama untuk mengisbatkan UMKM.

“Selama itu kita bergantung pada impor real kita bisa berdiri dikaki tunggal, ” tegasnya.

Tempat menambahkan, bahwa di tengah pandemi atau krisis pasti ada jalan yang bisa dimanfaatkan. Untuk itu, dirinya selalu berharap agar seluruh pihak dapat berpikir optimis dalam menghadapi pandemi Covid-19.

(fbn)